Recent Posts

Liputan Workshop Eksklusif dari Ian Livingstone

Apakah kamu mengenal seorang tokoh terkenal dalam dunia game yang bernama Ian Livingstone? Mungkin ada Kotakers yang langsung mengenalinya dan ada juga yang mungkin bertanya-tanya, sebenarnya siapa itu Ian Livingstone. Nah, Ian Livingstone ini merupakan seorang pembuat game yang sangat ternama untuk Eidos. Kami yakin, Kotakers pasti sudah pernah memainkan paling tidak satu dari game Tomb Raider ataupun Hitman bukan? Itulah game yang dikembangkan olehnya. Ya, tidak salah lagi, Ian Livingstone merupakan orang yang berada di belakang kesuksesan kedua game tersebut beserta beberapa game lainnya.

Nah, pada hari Sabtu tanggal 25 September 2010 kemarin, KotakGame mendapatkan kehormatan untuk mengikuti sebuah acara workshop bersama dengan Ian Livingstone yang diadakan oleh Kaskus ini. Redaksi KotakGame telah tiba di tempat pada pukul 15.00. Setelah tiba di tempat, kami pun langsung mencari tempat duduk dan duduk manis sembari mendengarkan apa saja yang dibicarakan dalam acara tersebut.

Tidak lama setelah kami tiba, Livingstone muncul dan ia pun mulai menceritakan mengenai masa lalunya saat ia masih benar-benar pemula dalam dunia game. Ia juga menceritakan saat awal dimana ia menciptakan sebuah buku interaktif yang diberi judul Fighting Fantasy pada tahun 1981 bersama dengan John Peake dan Steve Jackson.



Setelah beberapa saat menceritakan mengenai masa lalunya, ia pun mulai menceritakan mengenai bagaimana dunia game di saat itu, dimana pada zamannya, ia telah mengenal sebuah permainan yang diberi judul Pong, sebuah game yang memperlihatkan dua buah garis di masing-masing kanan dan kiri. Tujuan utama permainan ini adalah untuk menjaga agar bola yang dipantulkan bisa terus dipantulkan sampai salah satu pemain mengaku kalah.

Tentu saja ia juga tidak lupa menyinggung mengenai bagaimana perkembangan dunia game saat ini. Disini, ia mengatakan bahwa dunia sekarang sudah mulai bergerak ke arah digital download dan pangsa pasar untuk media game yang menggunakan media fisik seperti DVD dan CD sudah mulai banyak ditinggalkan. Bahkan pengaruh dari hal tersebut, menurut Ian Livingstone, akan berpengaruh ke dunia game di masa mendatang.

Acara pun akhirnya disudahi sekitar pukul setengah tujuh dan akhirnya dilanjutkan dengan sesi wawancara bersama pihak media. Tapi sayang, tidak terlalu banyak yang bisa ditanyakan kepada Mr. Livingstone karena masalah waktu yang terbatas dari Mr. Ian. Kami pun hanya sempat menanyakan sedikit pertanyaan kepada Mr. Livingstone, terutama mengenai apakah Eidos punya niat untuk membuka workshop di sini dan bagaimana dengan nasib buku interaktif karangannya, Fighting Fantasy.

Untuk Fighting Fantasy, Mr. Ian mengatakan bahwa saat ini ia sedang dalam tahap membuat kelanjutannya dan dalam waktu beberapa bulan ke depan, bukunya itu sudah akan dirilis. Sedangkan kemungkinan bagi Eidos untuk membuat sebuah studio developer di Indonesia, Mr. Ian tidak terlalu antusias terutama karena maraknya masalah pembajakan di Indonesia. Belum lagi fakta bahwa ternyata pangsa pasar yang paling berkembang di Indonesia adalah pangsa pasar game online.

Posted by Si_Gemblung. Friday, October 1, 2010

0 comments

Post a Comment

Sponsors

Halo : Reach

First-Person Shooter | ESRB : M
Gameplay 9,5 | Graphics 9,5 | Sound 10 | Longevity & Multiplayer 9,5 | Editor’s Tilt 9,5 | Total Score 9,6

Kingdom Heart : Birth By Sleep

Action-RPG | ESRB: E
Gameplay 8,5 | Graphics 8 | Sound 8 | Longevity & Multiplayer 8,5 | Editor’s Tilt 8,5 | Total Score : 8,3

Final Fantasy XIII

Posted by AUTHOR
MM-DD-YY

Final Fantasy XIV Online

Posted by AUTHOR
MM-DD-YY

Dragon Quest IX

Posted by AUTHOR
MM-DD-YY