Recent Posts




Published by : Microsoft Game Studios
Developed by : Bungie
Genre : First-Person Shooter
Number of Players :
Release Date :
US : September 14, 2010
ESRB : M


Siapa yang tidak kenal dengan Halo? Game yang memiliki ikon Master Chief ini telah menyita perhatian dunia semenjak game pertamanya pada tahun 2001 yaitu Halo: Combat Evolved. Setiap gamer sejati meskipun seorang fanboy Playstation atau Nintendo pun pasti mengetahui franchise eksklusif milik Microsoft ini. Kini Bungie, sebagai developer seri Halo dari awal, telah mengembangkan seri Halo yang terakhir dari mereka yaitu Halo: Reach.

Game ini mengambil setting di tahun 2552 dimana pada saat itu terjadi peperangan antara manusia dengan ras alien Covenant. Lokasi peperangan terjadi di koloni manusia bernama Reach dan mengambil waktu beberapa minggu sebelum kejadian pada Halo: Combat Evolved. Kamu akan berperan sebagai Noble Six yaitu seorang anggota baru dari sekelompok Spartan bernama Noble Team yang ditugaskan di Reach. Pada awal cerita Covenant sudah memulai serangan terhadap Reach dan situasi tidak menunjukan hal yang baik bagi manusia.


Gameplay 9,5

Halo: Reach memiliki pendekatan gameplay yang sama dengan seri Halo sebelumnya. Sepanjang campaign mode kamu akan tetap menjumpai formula yang sama dengan serial Halo sebelumnya. Artinya kamu akan bertarung di medan perang yang besar, mengendarai kendaraan, dan bertarung melawan berbagai alien dengan senjata yang bervariasi. Salah satu tambahan yang patut untuk diketahui adalah Armor abilities. Ini merupakan keahlian tambahan yang dapat kamu gunakan dalam beberapa saat berupa sprinting, jet packs, atau camouflage armor. Fitur tambahan ini memberikan hasil yang mengagumkan karena kini kamu dapat menyusun strategi menyerang yang bervariasi ketika berhadapan dengan lawan kamu.

Pada awal permulaan game kamu dapat melakukan kostumisasi terhadap gender dan armor dari Noble Six. Kamu dapat menentukan apakah karakter kamu pria atau wanita. Bungie menghadirkan sistem credit yang nilainya dapat kamu tambahkan dengan memainkan campaign atau multiplayer mode. Dengan credit tersebut kamu dapat melakukan kostumisasi terhadap armor kamu mulai dari helmet sampai knee guard. Tidak hanya itu kamu juga bisa menaikkan peringkat / jabatan kamu agar dapat membeli kustomisasi yang lebih bagus lagi.

Reach juga melakukan perbaikan pada segi cerita. Berbeda dengan cerita pada Halo trilogy dimana terdapat banyak istilah atau jargon yang hanya diketahui oleh penggemar seri Halo, kini Reach mengangkat sebuah cerita yang lebih mudah diterima oleh gamer awam tanpa harus mengetahui banyak hal mengenai istilah Halo. Reach memiliki cerita yang simpel dan padat serta menarik. Cerita yang diangkat cukup simpel pada awalnya tetapi akan berubah menjadi sebuah cerita yang patut diacungi jempol.


Salah satu nilai negatif dari cerita Reach adalah kurangnya interaksi Noble Six dengan anggota Noble team lainnya. Kamu akan banyak berpetualang dengan Noble Two dan Noble Five dimana secara otomatis kamu akan jarang berjumpa atau bahkan melihat anggota Noble team lainnya. Hal ini memberikan dampak negatif dimana kamu akan lebih terasa berpetualang secara berpasangan bukan secara tim. Cerita dari Reach juga suka mengalami perpindahan lokasi dan objektif dengan cepat sehingga kamu tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengetahui dimana kamu berada atau mengapa kamu berada di tempat tersebut.

Graphics 9,5

Halo: Reach menampilkan game dengan environment yang sangat indah. Selain itu setiap anggota Noble team memiliki ciri khas masing-masing yang tidak hanya dibedakan dari warna. Apabila kamu adalah penggemar Halo maka kamu akan menemukan beberapa desain karakter dan alien yang sangat familiar dengan seri-seri sebelumnya. Meskipun game ini memiliki beberapa masalah framerate, hal tersebut tetap tidak bisa mencoreng keindahan dari game ini.


Sound 10

Martin O’Donnell sebagai composer serial Halo selalu berhasil membawakan soundtrack yang epic, dan tidak terkecuali pada Halo: Reach. Sekali lagi ia berhasil membawakan soundtrack yang epic dan juga memorable sehingga berhasil mengangkat game ini secara keseluruhan. Lagu yang disampaikan sangat menggambarkan situasi yang terjadi sehingga dapat membawa kamu sebagai pemain ikut merasakan intesitas dan emosi pada game ini. Yang pasti musik yang dihadirkan pada game ini akan menggetarkan gendang telinga kamu dengan suara yang indah.


Longevity & Multiplayer 9,5

Campaign mode pada Halo: Reach dapat kamu selsaikan dalam waktu 9 sampai dengan 10 jam. Selain itu kamu dapat memainkan campaign mode sampai dengan empat pemain melalui online ataupun split-screen. Salah satu multiplayer mode yang diperkenalkan pada Halo 3: ODST yaitu Firefight akan kembali pada game ini. Pada mode ini kamu dapat tes kemampuan dan keahlian kamu melawan gelombang serangan Covenant. Bedanya dengan ODST kini mode ini telah dilengkapi dengan berbagai pilihan (option) tambahan termasuk tambahan firefight versus dimana elite team mencoba untuk mencegah spartan team menambah nilai mereka.

Selain bermain multiplayer mode yang standar seperti Slayer atau King of the Hill kamu juga bisa merasakan beberapa tipe permainan baru seperti Headhunter dimana ketika kamu berhasil membunuh lawan kamu maka lawan kamu akan menjatuhkan sebuah skull yang dapat kamu tukarkan dengan poin di zona spesial. Selain itu ada Generator Defense yang menampilkan pertarungan antara tiga spartans dengan tiga elite. Objektif dari elite adalah untuk menghancurkan tiga generator, sedangkan spartan harus mempertahankannya. Selain itu masih ada mode Stockpile dimana tim bersaing untuk mengkoleksi flag dan mempertahankannya pada sebuah capture points, serta mode lainnya seperti Invasion.


Multiplayer Halo masih memiliki sentuhan yang sama dengan seri-seri sebelumnya tetapi memiliki berbagai fitur, senjata, dan mode baru yang memberikan nuansa yang berbeda meskipun kamu sudah memainkannya selama berjam-jam pada seri sebelumnya. Mungkin pada awalnya kamu akan sulit untuk melihat perbedaanya tetapi semua akan terasa baru ketika kamu sudah memainkannya dengan mendalam dan mempelajari berbagai keahlian baru. Sayangnya salah satu nilai negatif dari multiplayer game ini adalah kurangnya map yang hanya terdiri dari 13 map dan 4 dari map tersebut merupakan remake dari seri Halo sebelumnya. Secara keseluruhan multiplayer Halo: Reach merupakan salah satu yang terbaik. Jangan lupa juga untuk melihat bungie.net untuk melihat statistik ekstra, shared in-game screenshots and video, serta komunitas Halo yang tentunya akan memperpanjang umur dari game ini.

Editor’s Tilt 9,5

Halo: Reach tanpa ragu merupakan seri game Halo yang terbaik. Tidak saja memiliki cerita yang menarik tetapi gameplay game ini terasa baru meskipun memiliki sentuhan yang mirip dengan seri sebelumnya. Diluar kurangnya map multiplayer, Halo: Reach memiliki salah satu multiplayer yang terbaik. Tidak hanya karena memiliki mode yang bervariasi dan gameplay yang mendukung tetapi untuk disuguhkan dengan graphics dan sound yang berkelas tentu akan memanjakan para gamer meskipun bagi yang bukan penggemar seri Halo. Game ini merupakan hadiah perpisahan dari Bungie yang sangat cocok dan akan diingat sampai tahun-tahun berikutnya oleh para gamer di dunia.

Total Score 9,6

Posted by Si_Gemblung. Friday, October 1, 2010

0 comments

Post a Comment

Sponsors

Halo : Reach

First-Person Shooter | ESRB : M
Gameplay 9,5 | Graphics 9,5 | Sound 10 | Longevity & Multiplayer 9,5 | Editor’s Tilt 9,5 | Total Score 9,6

Kingdom Heart : Birth By Sleep

Action-RPG | ESRB: E
Gameplay 8,5 | Graphics 8 | Sound 8 | Longevity & Multiplayer 8,5 | Editor’s Tilt 8,5 | Total Score : 8,3

Final Fantasy XIII

Posted by AUTHOR
MM-DD-YY

Final Fantasy XIV Online

Posted by AUTHOR
MM-DD-YY

Dragon Quest IX

Posted by AUTHOR
MM-DD-YY